Cara Melakukan Pembayaran PBB Lewat ATM BCA

Cara Melakukan Pembayaran PBB Lewat ATM BCA

Cara Melakukan Pembayaran PBB Lewat ATM BCA, Ternyata waktu ini berjalan begitu cepat. Sepertinya belum lama saya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2009 tapi koq sudah ada tagihan lagi. Kemarin saya mendapatkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Tahun 2010 yang diantar oleh tetangga ke rumah saya.

Saya baca jumlah yang harus dibayar dan tanggal jatuh temponya tanggal 31 Agustus 2010, berarti masih ada waktu 6 hari untuk membayar PBB ini. Sebenarnya waktu 6 hari ini sangat pendek mengingat kesibukan saya yang menyita waktu banyak. Tapi untungnya masih bisa menyempatkan diri beberapa jam untuk mengurus pembayaran PBB ini.

Ada banyak cara membayar PBB. Kita bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara ini. Bisa lewat Bank Jatim, beberapa ATM, Teller Bank, bahkan bisa juga dari internet. Kemarin saya menggunakan ATM BCA untuk membayar PBB saya. Kalau bisa sebelum pergi ke ATM, SPPTnya dibawa karena pada saat pembayaran nanti kita disuruh memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) serta jumlah yang harus dibayar.
Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Masukkan kartu ATM BCA kemudian masukkan nomor PIN-nya.
  2. Pilih Pembayaran, pilih Pajak
  3. Selanjutnya kita disuruh memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP). NOP bisa dilihat di pojok kiri atas SPPT.
  4. Kemudian kita disuruh memasukkan Tahun. Tahun PBB bisa dilihat di tengah atas SPPT.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan Nama dan Alamat Wajib Pajak. Periksa dan pastikan bahwa nama yang tertera di ATM benar.
  6. Tekan Bayar untuk membayar  PBB.
Begitulah cara-cara membayar PBB melalui ATM BCA. Jika kita belum menerima SPPT PBB, segera hubungi Ketua RT setempat karena biasanya SPPT diberikan kepada Ketua RT untuk dibagikan kepada warganya.

Namun jika Ketua RT tidak mengetahui SPPT kita, sedangkan waktu pembayaran sudah mendekati batas akhir, sebaiknya gunakan saja SPPT tahun lalu. Lebih baik menempuh jalan ini daripada terlambat membayar PBB dan dikenakan denda 2% dari jumlah PBB terhutang.

Artikel Terkait Administrasi

Title Post: Cara Melakukan Pembayaran PBB Lewat ATM BCA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.