Cara Prinsip Kerja Motor Motor 4 Tak

Bagaimana Prinsip Kerja Motor Motor 4 Tak
Prinsip kerja motor 4 tak


Cara Prinsip Kerja Motor Motor 4 Tak, Kendaraan bermotor yang berbahan bakar minyak ada dua jenis. Mesin 4 tak atau 4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau 2 langkah atau 2 stroke. Paling banyak digunakan di kendaraan adalah mesin 4 tak, karena selain ramah lingkungan juga irit bahan bakar. Mesin 4 langkah dapat dijumpai di motor-motor bebek, motor sport, motor gede dan juga dipasang di mobil-mobil. Di mobil itu nanti ada dua jenis mesin lagi, mesin bensin dan mesin disel, keduanya sama-sama 4 tak, namun cara pembakaran bahan bakarnya lain. Untuk mesin 2 tak sendiri saat ini hanya dijumpai di mesin motor.

Maksud langkah pada suatu mesin 4 tak yaitu untuk melakukan kerja diperlukan 4 langkah, dan hal itu memerlukan proses  empat kali naik turun piston, dua kali rotasi (720 derajat) kruk as atau crankshaft dan satu putaran (360 derajat) noken as atau camshaft. 


Berikut ini4 langkah pada mesin 4 tak:
1. Langkah Hisap
  • Piston bergerak turun dari TMA (Titik Mati Atas) sampai TMB (Titik Mati Bawah). Gerakan piston ini menyebabkan kehampaan di ruang bakar. Piston bergerak 1 gerakan (turun).
  • Pada saat ini katup masukan juga dibuka, maka campuran bahan bakar dan udara yang berasal dari karburator, masuk ke ruang bakar. Katup keluaran ditutup.
  •  Kruk as berputar 180 derajat.
  •  Camshaft berputar 90 derajat.
2. Langkah Kompresi
  • Klep masukan dan klep keluaran ditutup.
  • Piston terdorong ke atas dari TMB menuju TMA karena ada momentum dariflywheel. Dorongan piston ini mendesak campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar yang tadi masuk ketika langkah hisap. Karena tekanannya sangat tinggi, campuran udara dan bahan bakar akan sangat mudah terbakar. Piston naik ke atas brarti udah gerakan piston kedua
  • Kruk as berputar 180 derajat, berarti sampai langkah kompresi, kruk as sudah berputar satu kali putaran atau 360 derajat.
  • Camshaft berputar 90 derajat, berarti camshaft sudah berputar 180 derajat
  • Ketika campuran bahan bakar dan udara selesai dikompresi yang mengakibatkan mereka berdua menjadi sangat mudah terbakar, busi menghasilkan percikan api dan terjadi ledakan.
3. Langkah Usaha
  • Piston terdorong dari TMA ke TMB, dalam hal ini piston melakukan usaha, maka dinamakan langkah usaha. Piston bergerak ke bawah (gerakan ketiga). Gerakan usaha yang linier ini diteruskan ke kruk as agar menjadi gerakan rotasi atau putaran. Energi putaran ini disalurkan ke flywheel yang berfungsi menyimpan tenaga dan momentum. Flywheel bertugas memberikan energi ketika piston sedang tidak melakukan langkah usaha. Jadi pada langkah hisap, kompresi dan buang, flywheel lah yang membuat mesin tetap berputar.
  • Kedua katup masih menutup
  • Camshaft berputar lagi 90 derajat, maka total sudah berputar 270 derajat.
  • Kruk as berputar lagi 180 derajat, maka total sudah berputar 540 derajat.
  4. Langkah Buang
  •  Piston bergerak ke atas (gerakan keempat), karena gaya dari flywheel
  •  Klep keluaran dibuka
  •  Kruk as berputar 180 derajat, maka total putaran hingga langkah buang ini adalah 720 derajat atau dua kali rotasi.
  •  Camshaft berputar 90 derajat, maka total putaran adalah 1 putaran (360 derajat). 
Untuk selanjutnya bersambung ,(Bagaimana Prinsip Kerja Motor Motor 4 Tak)

Artikel Terkait Prinsip Kerja

Title Post: Cara Prinsip Kerja Motor Motor 4 Tak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.