8 Jenis Bahan Bakar Minyak

Bahan bakar minyak
Jenis Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) - Umumnya kalau mendengar perkataan BBM maka yang terpikirkan pasti solar ama bensin, paling tambahannya pertamax dan premix...

Padahal ada banyak jenis BBM khususnya yang dipasarkan di dalam negeri :

1. AVGAS: 

Ini adalah bahan bakar untuk pesawat terbang bermesin torak.. alias bermesin piston. umumnya pesawat kecil. AVGAS ini terbagi atas low grade, regular grade, dan premium grade. Yang diproduksi dan dipasarkan PERTAMINA adalah yang regular grade.Untuk pesawat latih kecil bermesin tunggal umumnya memakai yang low grade.

2.AVTUR : 

Adalah singkatan Aviation Turbine Oil. Jadi jelas untuk pesawat terbang bermesin turbin. Ada 3 jenis yakni untuk pesawat tempur (JP-4), pesawat cargo (JP-5), dan pesawata komersial (A-1).

3.PREMIUM : 

Disebut juga Motor Gasoline atau Petrol. Dipakai untuk kendaraan bermotor bensin.

4.MINYAK TANAH : 

Disebut kerosene. Dipakai untuk pembakaran baik rumah tangga maupun industri kecil.

5.SOLAR : 

Minyak solar dipakai oleh mesin diesel putaran tinggi (di atas 1000 RPM). Disebut juga sebagai Gas Oil atau High Speed Diesel Oil. Bisa juga dipakai untuk pembakaran pada tanur-tanur kecil milik industri.


6.MINYAK DIESEL : 

Disebut juga Industrial Oil atau Marine fuel Oil. Merupakan campuran hasil destilasi fraksi ringan dan fraksi berat (fraksi berat disebut juga Residual Fuel Oil). Dipakai untuk mesin diesel putaran rendah (di bawah 1000 RPM).

7. MINYAK BAKAR : 

Disebut juga Marine Fuel Oi. Dipakai khusus untuk proses pembakaran di tanur atau dapur industri skala besar. Dipakai juga untuk pembakaran di pembangkit listrik PLTU BBM...
Jadi PLTU tidak harus diartikan memakai batubara, tapi bolier PLTU bisa juga dibakar dengan MINYAK BAKAR semisalnya di PLTU BBM Tanjung Priok. memang mahal biayanya, tapi ada tempat dekat perkotaan yang tidak mungkin memakai batubara dengan alasan lingkungan.
Juga MINYAK BAKAR dipakai untuk mesin diesel ukuran besar putaran rendah yang sangat memperhatikan keekonomian, baik untuk diesel genset ukuran besar, maupun mesin kapal ukuran besar.

8.SUPER TT : 

Yakni jenis BBM yang diformulasikan khusus oleh Pertamina untuk menghasilkan produk tanpa timbal (TT).Tujuannya menghasilkan bahanbakar yang emisi sisa pembakarannya bersih.
sumber artikel : http://asrizal2012.blogspot.com/2012/04/jenis-jenis-bahan-bakar-minyak-bbm.html

Artikel Terkait Produk

Title Post: 8 Jenis Bahan Bakar Minyak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.