Bahaya Makanan Cepat Saji (Instan)

Makanan instan
Bahaya Makanan Siap Saji Terhadap Kesehatan - Makanan siap saji yang di istilahkan dengan fast food dan junk food akhir-akhir ini semakin populer keberadaanya, selain karena praktis serta rasa dan pilihannya beraneka ragam, para konsumen lebih bangga dan lebih percaya diri menyantap makananan siap saji ketimbang kue surabi atau makanan tradisional lainnya. Singkatnya makanan siap saji sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi segelintir kalangan.

Istilah fast food atau makanan siap saji itu sendri secara populer mengacu kepada makanan yang dapat dibeli digerai-gerai atau toko-toko penyedia makanan cepat, sehingga kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk disajikannya, kita pun bisa langsung memakannya kapanpun dan dimanapun. 


Sedangkan istilah junk food (makanan sampah) itu berarti makanan yang tidak memberikan nutrisi yang sehat bagi kesehatan tubuh kita, malah sebaliknya makanan ini berpotensi menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh kita. Karena makanan siap saji atau junk food sarat akan tinggi lemak, sodium dan gula serta dapat menjadi penyebab obesitas, diabetes, dan jantung.


Untuk lebih jelasnya mari kita simak 3 bahaya dari mengkonsumsi makanan cepat saji
1. Mengurangi Tingkat Energi
Junk food tidak mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Dampaknya, mungkin kita akan merasa lelah dan kekurangan energi yang kita butuhkan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Tingginya tingkat gula dalam makanan cepat saji membuat metabolisme kita tidak terkendali, ketika kita makan gula halus, pankreas mengeluarkan insulin dalam jumlah yang tinggi untuk mencegah lonjakan berbahaya dalam kadar gula darah. Dan karena makanan cepat saji dan junk food ini tidak mengandung jumlah protein dan karbohidrat yang cukup dan baik, kadar gula darah kita akan turun secara tiba-tiba setelah makan, hal ini membuat kita merasa mudah marah-marah,dan lelah.
obesitas
2. Kegemukan atau Obesitas
Junk food mengandung banyak lemak, dan sebagian lemak akan terakumulasi dalam tubuh kita, dan akhirnya akan bertambah berat dan bisa menjadi obesitas. Kelebihan lemak ini akan semakin mendekatkan kita pada risiko penyakit kronis serius seperti diabetes, penyakit jantung dan arthritis. Bahkan kita bisa mengalami serangan jantung.
Tingginya tingkat lemak dan natrium dalam makanan siap saji juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diet sodium berlebihan juga dapat memiliki efek negatif pada fungsi ginjal, bahkan menyebabkan penyakit ginjal.
Dalam jangka pendek, kita akan merasa lelah dan sulit berkonsentrasi karena tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen.
jantung
3. Penyakit Jantung dan Disfungsi Hati
Tingginya kadar lemak dan natrium dalam junk food atau fast food dapat berkontribusi pada penyakit jantung dengan menaikkan kadar kolesterol darah dan berkontribusi terhadap meningkatnya plak arteri. Tingginya tingkat asam lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan deposito fatty liver yang,dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan disfungsi & penyakit hati.

sumber gambar : http://www.cafenutrisisehat.com
Sumber artikel : http://myblog-rico.blogspot.com/2013/05/bahaya-makanan-siap-saji-terhadap.html

Artikel Terkait Makanan

Title Post: Bahaya Makanan Cepat Saji (Instan)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.