Beberapa Cara Belajar TOEFL Sendiri (Otodidak)

Beberapa Cara Belajar TOEFL Sendiri (Otodidak)
Belajar toefl


Beberapa Cara Belajar TOEFL Sendiri (Otodidak) - Tes TOEFL mungkin adalah salah satu syarat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi ataupun masuk kerja. Banyak yang mengeluhkan tentang tes TOEFL yang memang begitu sulit sehingga banyak yang tidak lolos dalam tes TOEFL tersebut. Tes TOEFL sendiri sebenarnya mudah jika kita mempunyai tips cara belajar TOEFL sendiri, maupun dibimbing dengan orang yang sudah ahli. Namun jika kita dibimbing dengan orang yang sudah ahli, tentunya kita harus merogoh kocek untuk membayar tentor kita. Bagi orang yang mempunyai uang, mungkin permasalahan ini tidak begitu berarti. Namun bagi mereka yang hanya mempunyai uang yang pas-pasan, ini adalah masalah yang cukup berarti karena terkendala dengan biaya pastinya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar TOEFL sendiri sangat sulit dilakukan karena aspek-aspek dalam tes TOEFL yang lumayan sulit. Namun sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan. Kita bisa belajar TOEFL secara mandiri, namun tentunya dengan cara-cara yang khusus dan bertahap sehingga kita bisa siap dan yakin dengan tes TOEFL yang akan dijalani. Nah, berikut ini ada beberapa cara belajar TOEFL sendiri tanpa butuh bimbingan dari tentor.

Tips-tips Cara Belajar TOEFL Sendiri


1. Biasakan diri Anda dengan 3 format TOEFL
Tes TOEFL memang memiliki aspek yang harus dikuasai yaitu writing, reading, dan listening. Nah, jika Anda ingin belajar sendiri, pastikan Anda terbiasa dengan tiga aspek tersebut. Caranya adalah dengan sering latihan menggunakan buku, dan juga PC atau laptop. Anda bisa mendownload contoh tes listening TOEFL, kemudian Anda simpan di komputer Anda. Anda bisa berlatih sendiri dengan menggunakan komputer Anda.

2. Gunakanlah tes-tes simulasi TOEFL untuk menguji kemampuan Anda
Jika Anda sudah sering belajar bagaimana tips menghadapi TOEFL, maka yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah mengerjakan simulasi tes TOEFL. Anda bisa menggunakan contoh soal TOEFL yang sudah mempunyai jawaban yang benar, kemudian Anda coba kerjakan soal tersebut seperti layaknya saat tes TOEFL, dan tanpa melihat jawaban dengan benar. Jika sudah, silakan Anda cocokkan dengan jawaban yang benar. Ini akan membuat Anda lebih siap dengan tes TOEFL.

3. Sering-seringlah Anda dengarkan orang inggris berbicara
Ini akan membiasakan telinga Anda untuk mendengarkan bahasa inggris sehingga telinga Anda akan lebih terbiasa dengan bahasa asing tersebut dan Anda bisa mengerti logat dan pengucapan kata-kata tertentu sehingga pada saat tes, Anda setidaknya banyak yang mengerti kata-kata tertentu dalam bahasa inggris ketika diucapkan.

4. Gunakanlah soal yang berganti-ganti dan belum pernah Anda kerjakan
Ini akan membuat belajar Anda lebih optimal karena anda akan menghadapi soal-soal yang fresh. Dengan itu, kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal akan semakin meningkat.

5. Uji coba kemampuan Anda dengan teman
Walaupun ini bukan termasuk belajar sendiri, namun dengan mencoba kemampuan dengan teman Anda akan membuat Anda lebih percaya diri dalam menghadapi tes TOEFL. Selain itu, Anda bisa bertukar pendapat dan juga bisa menyelesaikan beberapa masalah dalam uji coba bersama teman Anda.

Itulah beberapa cara belajar TOEFL sendiri yang dapat Anda lakukan dimana saja. Bagi Anda yg ingin berbagi tips lainnya untuk teman-teman kita, bisa Anda share disini.

Jika Anda masih merasa sulit belajar TOEFL sendiri, dan Anda bisa lihat dimana tempat cara belajar TOEFL cepat dan mudah, namun tetap murah.

http://carajawab.blogspot.com/2013/04/cara-belajar-toefl-sendiri.html

Artikel Terkait Pelajaran

Title Post: Beberapa Cara Belajar TOEFL Sendiri (Otodidak)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.