Cara Agar Bisa Cepat Menghafal dan Tidak Cepat Lupa

Cara Agar Bisa Cepat Menghafal dan Tidak Cepat Lupa, Ketika masih sekolah,wali kelas (wali murid) pernah mengajarkan kepada saya tehnik dan cara bagaimana menghapal hapalan untuk mata pelajaran atau pun menghapal materi lain agar tidak cepat lupa dan selalu ingat terus.meskipun kita sudah tidak mempelajarinya dan menghapalkannya lagi. Sebenarnya bagian otak kita memiliki system sensorik yang berbeda.bahwa otak bisa menyimpan data berupa, gambar yang disimpan di satu bagian, suara di bagian lain, sensasi (sentuhan) di simpang di bagian yang lain. Semakin banyak kita mengunakan indera kita semakin banyak informasi yang akan di simpan oleh otak. 

berikut adalah tehnik dan cara yang saya gunakan untuk mengingat informasi/hapalan lebih baik.sesuai yang di pernah di ajarkan kepada saya. diantaranya: 
  1. gunakan indera penglihatan untuk mentranfer data ke otak anda.Anda melihat data informasi pada Saat Anda membaca,dan bacalah hapalan atau materi pelajaran dengan nada yang jelas dan temponya jangna terlalu lambat dan juga jangan terlalu cepat.tapi yang sedang-sedang saja
  2. gunakan lisan dan pendengaran anda Seperti penjelasan di atas anda membaca atau mengucapkannya dengan cukup jelas keras bisa di dengar oleh telinga anda
  3. menggunakan tangan anda.Buatlah pertanyaan tentang hapalan anda,kemudian anda tuliskan kembali jawaban yang anda ingat,untuk menguji seberapa bagusnya ingatan anda.
  4. Ulangi kembali hapalan atau materi yang ingin anda hapal.Lakukan pengulang beberapa kali.baca kembali materinya (hapalan atau mata pelajaran)baca dengan suara yang jelas dan keras yang bisa di dengar oleh telinga dan tuliskan atau gambarkan kembali materi  yang anda hapalkan .Untukmengujui seberapa baik ingatan anda.jika materi satu telah anda kuasai maka.lanjutkan kepada meteri yang ingi anda hapalkan.jangan menghapal–hapalan terlalu banyak.tapi hapalkan-hapalan sedikit demi sedikit tapi anda 100% telah menguasainya.
  5. Gunakan waktu untuk istirahat sejenak.kalau istilah komputer mah perlu di refresh dan di restart.coba ulangi lagi hapalan anda. setelah otak anda di refresh dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan menjelaskan atau yang menggambaran apa-apa yang telah anda hapal.jika hapalan anda bener-benar bagus. Maka anda lanjutkan beberapa materi lagi sampai benar-benar anda menguasainya.dan dapat menghapalnya dengan baik.dengan cara-cara seperti diatas.

Artikel Terkait Pelajaran

Title Post: Cara Agar Bisa Cepat Menghafal dan Tidak Cepat Lupa
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.