Cara Membasmi Tikus di Sawah

Tikus sawah

Mencegah hama tikus - Tikus merupakan binatang yang cukup mengganggu bagi petani padi. Seringkali jerih payah petani mulai dari mengolah tanah, menanam benih hingga memelihara padi harus gagal akibat serangan tikus. Jika itu terjadi, maka otomatis pendapatan petani selama satu musim itu akan hilang. Melihat fakta ini, tikus merupakan masalah yang cukup serius yang harus diatasi oleh petani.
Ada banyak cara mengatasi tikus, mulai dari melakukan gropyokan, dengan cara membunuh tikus satu persatu hingga dengan cara memberi racun tikus. masing-masing cara ada kelebihan dan kekurangannya. Dalam hal ini penulis ingin menceritakan pengalaman seorang petani yang bernama mbah gatot dari purbalingga.
Dia menceritakan, jika ada tikus menyerang sawahnya, maka dia cukup meletakkan gula di sekitar lubang tikus. Tidak lama kemudian maka semut akan mendatangi gula tersebut. Jika banyak semut, maka tikus otomatis akan menghindar dari sawahnya.  Cara ini telah ia lakukan berkali-kali, dan terbukti cukup berhasil mengusir hama tikus.
Cara yang dilakukan mbah gatot ini merupakan kearifan lokal, dimana mengusir hama tikus tidak dengan menggunakan bahan kimia atau racun, tetapi dengan menggunakan hal-hal ataupun binatang yang tidak disukai oleh tikus. Pelajaran penting dari pengalaman mbah gatot ini adalah para petani harus jeli melihat karakter hama yang menyerang tanamannya. Jika bisa dilakukan dengan cara yang alami maka alangkah lebih baiknya menggunakan metode yang alami, agar tanahnya tetap subur dan tidak tercemar oleh bahan kimiawi.
sumber artikel : http://padiberas.com/?p=1597

Artikel Terkait Hama

Title Post: Cara Membasmi Tikus di Sawah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.