Macam Jenis Musik Tradisional


Macam Jenis Musik Tradisional
Macam Jenis Musik Tradisional
JENIS JENIS MUSIK TRADISIONAL
1. Musik Tradisional Jakarta
Jakarta atau dikenanl dengan nama Betawi merupakan pusat pemerintahan dan ibu kota. Kebudayaan betawi sendiri terbentuk dari interaksi antar budaya sejak abad ke-18, seperti budaya Belanda, Cina, Portugis, Bugis, Makasar, dan Bali.
Seni budaya tradisional khas Betawi yaitu :
a. Gambang Kromong Adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat musik umum (barat) misalnya alat tiup dan alat gesek . Tangga nada yang digunakan pentatonis Cina. Instrumennya; gong, gendang suling, bonang, kecrek, dan rebab sebagai melodi. Dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan. Lagunya berbentuk pantun.
b. Tanjidor Adalah kesenian tradisional khas Betawi (Jakarta). Ciri khasnya pada macam-macam alat musik tiup dari kuningan (trompet dll) dan dilengkapi genderang besar (bas drum) sperti pada drum band. Semua personilnya bermain sambil berdiri.

2. Musik Tradisional Jawa Tengah dan Jawa
Timur
Salah satu musik Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menonjol atau populer adalah musik gambelan. Arti gembelan adalah seperangkat alat musik yang cara membunyikannya dengan cara dipukul atau ditabuh, dimainkan dengan cara bersamaan dan merupakan suatu asambel atau
simphony.
Tangga nada yang digunakan adalah laras selendro dan pelog. Media (bahan) gambelan dibuat dari logam, seperti besi, kuningan, dan perunggu serta kayu.
Fungsi gambelan adalah untuk menriringi pagelaran wayang kulit,
wayang orang, ketoprak, tari-tarian Jawa, upacara sekaten, dan klenengan
untuk upacara adat. Musik tradisional yang lain, di antaranya :
a. Musik kentrung, dengan menggunakan terbang
b. Gong gumbeng, demgan alt musik sederhana
c. Terbang jidor, sebegai pengaruh budaya islam
d. Musik lesung
e. Musik kentongan, menggunakan alat kentongan
f. Musik calung, terdapat di daerah Banyumas/Purwekerto
g. Musik terbang
Satu perangkat (unit) gambelan yang lengkap terdiri atas instrumen
(alat musik) sebagai berikut :
a. kelompok kendang,
b. kelompok pencon,
c. kelompok blimbingan,
d. Kelompok balungan,
e. Kelonpok pelengkap.
2.1.Bentuk dan susunan tangga nada(laras pada musik
gambelan)
Tangga nada dalam gambelan Jawa disebut laras. Laras gambelan
terdiri atas dua macam, yaitu laras slendro dan laras pelog.\

3. Musik Tadisional Minahasa
Musik tradisional Minahasa Memiliki alat musik khas yang yang disebut kolintang, semacam gambang yang terbuat dari kayu dan tangga nada yang digunakan adalah nada diatonis.
Musik kolintang merupakan musik tradisional dari daerah Minahasa, Sulwesi Utara. Musik ini berjenis idiophone, yaitu instrumen yang ditabuh atau diketuk. Musik kolintang termasuk musik perkusi melodis. Tangga nada yang dipakai adalah diatonis yang mampu membawakan lagu jenis minor dan mayor serta mampu membawakan berbagai macam lagu daerah berbagai macam nada dan irama, serta lagu-lagu daerah, lagu pop Indonesia, lagu wajib Indonesia, dan keroncong.
Bentuk alat musik kolintang sama seprti gambang, saron, dan gender pada gambelan, yang setiap instrumennya terdiri atas bilahan yang dibunyikan dengan ditabuh . Perbedaannya adalah pada musik gambelan bilahnya terbuat dari logamdan dimainkan dengan duduk. Tangga nada yang dipakai adalah pelog dan selendro, yang terbatas dalam membawakan lagu-lagu. Seni musik kolintang saat ini sudah banyak dikenal masyarakat seluruh Indonesia dan dijadikan kekayaan budaya nasional.

Artikel Terkait Musik

Title Post: Macam Jenis Musik Tradisional
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.