Penyebab Air Kolam Keruh dan Cara Mengatasi

Penyebab Air Kolam Keruh dan Cara Mengatasi
Penyebab Air Kolam Keruh dan Cara Mengatasi, Masa paling sulit yang kita hadapi dalam memelihara koi terjadi kala air kolam berwarna hijau, hal ini membuat kolam tidak menarik dan kehilangan keindahan walaupun dalam kolam tersebut sudah tersedia koi dengan kwalitas yang bagus.
Harus diakui juga bahwa kita tidak mungkin membuat kolam kita bebas lumut 100 % kita hanya bisa mengendalikan pertembuhannya seminimal mungkin. Apalagi membenahi kondisi air yang sudah berwarna hijau duluan tentunya akan lebih sulit dan akan memakan waktu yang berbulan bulan hingga irnya akan benar benar bening
Setiap kolam pasti akan ada lumut, dikolam yang sudah bening sekalipun lumut pasti ada hanya saja tinggal menunggu waktu yang cocok untuk berkembang biak dengan sangat cepat hanya membutuhkan cahaya yang kuat dan banyak nitrate / phosphate.
Dan hal ini terjadi biasanya pada masa kolam baru yang di set up dan ekosistem air kolam belum bekerja dengan maximal. Disatu sisi lumut punya fungsi lain yaitu bisa mencerahkan warna ikan tersebut namun lumut yang berlebihan akan sangat mengganggu kelangsungan hidup koi tersebut karena kolam akan kekurangan oksigen terutama pada malam hari.

Beberapa Penyebab Air Kolam Berwarna Hijau :

  • Kolam koi dibuat tanpa menggunakan Filter yang baik
  • Pemilik kolam menjalankan filternya hanya pada waktu siang hari saja dan mematikannya pada malam hari
  • Kolam koi dibuat lebih rendah dari tamandisekelilingnya bial turun hujan, air hujan yang berasal dari taman akan masuk membawa sedikit tanah yang mengandung pupuk NPK.
Mengendalikan Pertumbuhan Lumut :
  • Memasang Filter denngan kapasitas yang memadai. Bila ekosistem sudah berjalan dengan mapan dalam arti jumlah bakteri yang berkembang sudah banyak dan matang maka hal ini sangat membantu mengendalikan pertumbuhan lumut
  • Tidak memberikan makan koi secar berlebihan. hindari pemberian pakan hingga ada sisa, sebab hal tersebut akan merangsang pertumbuhan lumut secara cepat.
  • Mengganti air kolam sebanyak 25 % secara teratur dapat mengurangi kadar nitrate dan phosphate yang terakumulasi didalam kolam
  • Tidak menggunakan tanah atau pupuk tanaman darat untuk tanaman tanaman air kolam
  • menggunakan vegetable Filter dengan tanaman tanaman yang memerlukan nitrate banyak untuk pertumbuhannya seperti eceng gondok atau kapu kapu.

Artikel Terkait Perikanan

Title Post: Penyebab Air Kolam Keruh dan Cara Mengatasi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.