Cara Cat Motor Sendiri Yang Baik dan Benar

Cara Cat Motor Sendiri Yang Baik dan Benar
Cara Cat Motor Sendiri 
Untuk sebelumnya salam hormat bagi senior, suhu dan tetua. dikarenakan saya hanya seorang manusia sekaligus junior yang baru belajar secara otodidak sehingga masih memungkinkan terjadi kesalahan penulisan atau pun atitude dunia maya yang belum saya ketahui. oleh karena itu saya mohon bimbingannya sekalian tips and trick dari agan-agan sekalian.



kali ini ane cuma mu membagi pengalaman libura saya yang saya isi buat ngelampiasin hobby.

liburan 2 minggu saya, saya isi dengan nyariin chasis sepeda balap yang mau ane rakit ulang jadi pixy biar bisa di jual lagi. lumayan cuma dengan modal sedikit kita bisa memanfaat kan barang yang gak kepake' n diletakin di rongsok'an menjadi barang dengan nilai jual balik yang tinggi.


pertama-tama kita perlu mempersiap kan alat kerja n bahan-bahan yang diperlukan :

  1. compresor listrik mini. ( tujuan ane pake yang mini cuma biar biaya produksi lebih kecil)
  2. scrab 2mm & 4mm.
  3. kotak lemari kayu yang dilapisi dengan sterofoam, alumunium foil untuk menjaga suhu pada proses pematangan cat dan dilengkapi dengan 2 buah lampu pemanas
  4. mini spray gun.( ane recomendasikan meiji r-2)
  5. toolkit yang dibutuh kan sesuai dengan bahan yang ingin di kerjakan. yang pada kasus saya adalah merakit sepeda pixy.

                

selanjutnya setelah kita dapetin bahan kerja. bersih kan dahulu permukaan bahan kerja dari sisa cat dan karat yang ada. selan jut nya kita masuk pada proses pengecatan.

bahan yang saya gunakan yaitu :

  1. cat poliurethan
  2. tiner pu
  3. epoxy primer surface
  4. clear coat
  5. glieter/ serbuk metalic (bila perlu)
  6. coumpond
  7. amplas
  8. soda api ( untuk mengelupaskan sisa cat bila perlu)


langkah-lankahnya :

1.lapisi seluruh bagian cashis dengan epoxy. lapisan pertama tipis agar mudah rata. kemudian lapisi kembali sedikit tebal guna menghilangkan permukaan tidak rata kemudian gosok hingga rata dengan amplas 240. selanjutnya lapisan terakhir cukup tipis saja kemudian haluskan dengan amplas 1200. semakin halus permukaan benda kerja semakin rapih, mudah dan irit bahan yang digunakan. so jangan malas pada proses ini.
catatan: perbandingan antara epoxy dan hardenernya harus benar-benar diperhatikan dikarnakan beda merk memungkinkan terjadi perbedaan perbandingan adonan. jangan malu bertanya pada penjual cat berkaitan dengan bahan yang anda beli.


2. bila ingin mendapat kan warna yang cerah sebaiknya setelah lapisan poxy, benda kerja di cat dahulu degan warna silver sebelu warna yang diinginkan, cat dasar ini cukup dilakukan satu hingga dua lapis merata. kemudian lapisi kembali dengan warna cat yang diinginkan 2 hingga 3 lapisan.

3. clear coat berguna untuk melindungi cat dari goresan juga memberi kesan basah dan mengkilap pada hasil kerja kita. pengecatan clear coat sebaik nya di lakukan setelah cat benar2 cukup kering agar dapat dilakukan proses pengamplasan cat terlebi dahulu. gunakan amplas yang benar-benar halus
(rec amplas 2000). kemudian barulah cat dengan clear coat 3 hingga 4 lapisan, agar mempermudah saat proses pengikisan dan penghalusan dengan menggunakan compound.

catatan: 
  • setiap lapisan cat butuh waktu 20 hingga 30 menit untuk proses oxidasi, pada suhu 20 hingga           30 C.
  • proses pengecatan sebaiknya dilakukan pada ruangan yang berfentilasi baik dan penerangan yang cukup. dikarnakan memperhitungkan antara efisiensi bahan dan hasil bila ter tiup angin, namun tetap aman bagi pernapasan anda.
  • ketebalan dan jenis clearcoat adalah faktor penting hasil sekaligus ketahanan warna cat benda kerja anda.
4. finishing (pemolesan), langkah ini dilakukan setelah cat benar-benar kering. proses peneringan yang saya lakukan dengan lemari oven bikinan sendiri yang menggunakan lampu pemanas sebagai penghasil panas. dilakukan pada suhu yang tidak begitu stabil, antara 30 hingga 50 C membutuh kan waktu lebih kurang satu malam. sedangkan yang saya ketahui bila menggunakan oven profesionan pada suhu stabil 80C hanya membutuhkan waktu 60 hingga 120 menit saja.

    cara melakukan finishing sederhana dapat menggunakan kain tebal, lembut dan bersih, jangan menggunakan kain yang berbahan tipis karna tekanan yang tidak rata dapat mengakibatkan goresan pada benda kerja, namun bila kain yang digunakan cukup tebal maka kelenturan kain tersebut dapat mengurani resiko goresan. pemolesan sebaiknya dilakukan perbagian, jangan memaksakan mengoleskan coumpond pada seluruh bagian benda kerja dikarnakan coumpond yang te lalu kering memperbesar resiko goresan. terkecuali anda menggunakan profesional tool sand polisher karna dapat mempersingkat waktu pengerjaan dibandingkan manual.

sekian ulasan pekerjaan saya selama liburan, semoga dapat memberi inspirasi memanfaatkan waktu luang kita.

Sumber artikel : http://lukismotor.blogspot.com/2013/05/cara-mengecat-sendiri.html

Artikel Terkait Mengecat

Title Post: Cara Cat Motor Sendiri Yang Baik dan Benar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.