Manfaat dan Khasiat Buah Pir

Buah pir
HAMPIR semua orang tahu dan kenal buah pir hanya sebagai makanan 'pencuci mulut'. Mungkin lebih daripada itu, ia hanya dianggap sebagai makanan pembekal serat. Dari penelitian di ketahui bahwa buah pir sebenarnya mempunyai banyak khasiat. Sebagaimana buah durian, rambutan dan sebagainya, buah pir juga terdiri daripada beberapa jenis. Ada pir berwarna merah, ada yang berwarna merah hati, ada juga berwarna coklat dan tidak kurang juga pir yang kulitnya bercapuk-capuk. Buah Pir ini memang menjadi salah satu buah-buahan favorit kebanyakan orang. 

Kita bisa menemukan buah ini dimana pun, seperti halnya kita sangat gampang untuk menemukan buah populer lainnya seperti jeruk, apel, semangka dan lain-lain. Buah pir memiliki nama latin genus pyrus, dan buah ini berasal dari daerah beriklim tropis di eropa barat, asia dan afrika utara.

Seperti buah-buahan yang lainnya, tentu saja buah pir memiliki kandungan yang memberikan khasiat buah pir dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. 
Buah pir memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan buah apel. Buah pir mengandung 6 gram serat sedangkan buah apel hanya mengandung 3 gram serat.
Buah pir juga bebas dari lemak, kolesterol, sodium, dan juga kaya akan vitamin C, K dan kromium. Selain itu masih banyak kandungan dalam buah pir seperti karbohidrat, gula, protein, thiamine, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng.

Khasiat Buah Pir

Dilihat dari banyaknya kandungan dalam buah pir tentu saja khasiat buah pir untuk menjaga kesehatan pun akan banyak kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi buah pir. 
Dan berikut adalah khasiat buah pir yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita:
  1. Khasiat buah pir dapat mengendalikan tekanan darah, ini karena buah pir mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Antioksidan juga sangat bermanfaat untuk mengobati penderita hipertensi.
  2. Khasiat buah pir dapat mengendalikan kolesterol. Apabila tubuh kita memiliki kadar koleseterol yang tinggi maka berakibat munculnya penyakit yang berbahaya, namun buah pir memiliki zat yang sangat bermanfaat dan dapat mengendalikan kolesterol dalam tubuh kita.
  3. Khasiat buah pir dapat mncegah penyakit kanker, ini karena buah pir memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga menjadikan buah pir sebagai senjata ampuh yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.
  4. Khasiat buah pir dapat menurunkan panas demam, ini karena kandungan air dalam buah pir dapat digunakan sebagai pengganti cairan tubuh, sehingga buah pir dapat digunakan sebagai penurun demam.
  5. Khasiat buah pir dapat mencegah sakit tenggorokan, apabila buah pir diproses manjadi jus dan dicampurkan dengan madu, serta diminum hangat-hangat maka dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dan membuat tenggorokan kembali lega seperti semula.
  6. Khasiat buah pir dapat menjaga kesehatan usus. Apabila kita mengkonsumsi buah pir secara langsung tanpa diproses maka kesehatan usus akan tetap terjaga.
  7. Khasiat buah pir dapat mencegah penyakit beri-beri, ini karena buah pir memiliki kandungan vitamin B yang berperan sangat aktif dalam melancarkan metabolisme tubuh, hal ini juga dapat mencegah resiko terserang penyakit beri-beri.
  8. Khasiat buah pir dapat melancarkan buang air besar, ini karena kandungan serat dalam buah pir dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang dapat mengganggu sistem pencernaan kita seperti sembelit, diare ataupun wasir.
  9. Khasiat buah pir dapat membuang racun-racun yang terdapat dalam tubuh, ini karena buah pir mengandung glutathione. Zat ini sangat dibutuhkan untuk proses metabolisme organ hati yang berperan untuk memproses pembuangan racun di dalam tubuh.
  10. Khasiat buah pir dapat menjaga kesehatan kulit dan mata, ini karena kandungan vitamin A dalam buah pir sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, terutama bagi kaum wanita yang selalu ingin terlihat cantik, maka lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir.
  11. Khasiat buah pir dapat mencegah sariawan, ini karena buah pir mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya sariawan. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga menjauhkan tubuh dari penyakit.

Khasiat Buah Pir

Selain khasiat buah pir yang tadi disebutkan, khasiat buah pir juga masik banyak. Seperti khasiat buah pir yang dapat membantu proses diet, terutama untuk kaum wanita. Khasiat buah pir juga sangat baik merdakan sakit kepala, alergi, asma dan juga pilek.

Ternyata tidak ada salahnya kita mengkonsumsi buah pir secara sering, karena dilihat dari kandungan buah pir yang sangat banyak dan juga khasiat buah pir yang banyak pula. Itulah tadi sedikit cerita tentang khasiat buah pir. Semoga tulisan khasiat buah pir ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya. Baca juga Artikel kami selanjutnya tentang Khasiat Buah Pisang, dan Terimakasih sudah membaca Artikel kesehatan tentang Khasiat Buah Pir
Sumber artikel : http://www.berkhasiat.com/2012/10/khasiat-buah-pir.html

Artikel Terkait Manfaat dan Khasiat

Title Post: Manfaat dan Khasiat Buah Pir
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: siyu siti

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog Cari Solusi.